WARTA 24 PAPUA

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Dana Desa Juga Ganti Wajah Papua, Seperti Apa?

Posted by On 07.50

Dana Desa Juga Ganti Wajah Papua, Seperti Apa?

Pelatihan Jaringan Komputer Linux Universitas Cenderawasih, Papua. (Foto: yesjogja.com)

INFONAWACITA.COM â€" Kemanfaatan dana desa milik pemerintah mulai terlihat hasilnya. Misalnya saja di 20 pemerintahan kampung/desa di wilayah Pantai Utara Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Wilayah ini telah menggunakan fasilitas teknologi komputer. Khususnya untuk pencatatan administrasi pembangunan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat setempat.

“Setiap kepala kampung di wilayah Distrik Warsa sudah mendapat bimbingan teknis tentang teknologi komputer. Sehingga setiap pelayanan administrasi kependudukan dapat lebih tertib dan rapi karena tidak lagi menggunakan mesin ketik,” ungkap Kepala Distrik Warsa Marthen Wompere, Minggu (18/2/2018).

Ia menjelask an, pengadaan fasiltas komputer untuk setiap kampung dibeli dari penggunaan alokasi dana desa yang diprogramkan setiap tahun oleh pemerintah.

Kadistrik Marthen menguraikan, dari alokasi dana desa yang diterima kampung, sebagian diprogramkan juga untuk kegiatan bimbingan teknis penguatan kapasitas aparatur pemerintahan kampung. Berupa pelatihan teknologi komputer dan laporan sistem keuangan dana desa.

Setiap kepala kampung di wilayah Distrik Warsa, menurut Marthen Wompere, hingga 2018 sebagian besarnya sudah dapat mengoperasikan teknologi komputer. Hingga mengakses internet di kantor distrik Warsa.

“Dengan memanfaatkan fasilitas komputer lebih cepat dalam menyusun laporan dan membuat administrasi kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan,” ungkap Kadisrik Warsa Marthen Wompere.

Aplikasi Siskeudes

Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdaaan Masyarakat Kampung Biak, Mahasunu SIP mengakui, sistem pela poran dana desa secara nasional telah menggunakan aplikasi khusus. Bernama Siskeudes.

“Untuk dapat mengaprasisikan laporan aplikasi Siskeudes, maka kepala kampung bersangkutan yang menjadi pengguna anggaran dana desa harus mampu mengoperasikan teknologi komputer. Sehingga dapat membantu pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan dana desa tepat waktu,” harap Mahasunu yang juga menjabat kepala Inspketorat Biak.

Berdasarkan data pada tahun anggaran 2018, alokasi dana desa di Kabupaten Biak Numfor mencapai Rp180 miliar. Untuk dialokasikan kepada 257 kampung.

Sumber: Google News | Warta 24 Biak Numfor

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »