WARTA 24 PAPUA

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat di Bulungan Mogok Kerja

Posted by On 20.25

Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat di Bulungan Mogok Kerja

Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat di Bulungan Mogok Kerja

Ratusan tenaga kerja pelabuhan yang tergabung dalam Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (KTKBM) Pelabuhan Kayan I menggelar aksi mogok kerja.

Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat di Bulungan Mogok KerjaTribun Kaltim/Muhammad ArfanSuasana aksi mogok dan aksi damai tenaga kerja bongkar muat pelabuhan Kayan I, Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Selor-Bulungan, Senin (4/12/2017). TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Ratusan tenaga kerja pelabuhan yang tergabung dalam Koperasi Tenaga Kerja Bongkar M uat (KTKBM) Pelabuhan Kayan I, Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Selor-Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, menggelar aksi mogok kerja di dermaga Pelabuhan Kayan I, Senin (4/12/2017).

Aksi mogok sekaligus orasi itu disuarakan sebagai bentuk penolakan terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 152 Tahun 2016 dan Surat Keputusan Bersama 2 Menteri yang substansinya akan meniadakan koperasi tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan.

Mereka menginginkan Koperasi TKBM tetap dipertahankan sebagai pengerah tenaga kerja di pelabuhan sesuai Surat Keputusan Bersama 2 Dirjen dan 1 Deputi serta Perubahan KM 35 Tahun 2017.

Baca: Warga Gotong Jenazah Mesak Menyusuri Hutan Belantara Selama Sehari karena Tak Mampu Sewa Pesawat

Ketua Koperasi TKBM Putra Rimba Kayan I Tanjung Selor, Merang Mentan, mengatakan sedikitnya 120 tenaga kerja bongkar muat menggantungkan hidupnya dari aktivitas di pelabuhan.

Ketika koperasi dihapuskan, diganti dengan badan usa ha berbentuk Perseroan Terbatas maka ratusan tenaga kerja akan kehilangan pekerjaan.

Mereka juga terancam tak dapat kesempatan bekerja kembali di pelabuhan jika tenaga kerja dikelola oleh Perseroan Terbatas.

"Kalau berbentuk PT maka tenaga kerja diperlakukan sesukanya. Dan tenaga kerjanya bisa berasal dari luar negeri. Kalau koperasi, tetap memakai tenaga kerja yang ada dalam koperasi itu," katanya.

"Dan ketika berbentuk PT, maka keuntungan akan didapat oleh PT itu. Kalau koperasi, keuntungannya dirasakan bersama," tambah Merang.

Tenaga Kerja Bongkar Muat Mogok Kerja
Suasana aksi mogok dan aksi damai tenaga kerja bongkar muat Pelabuhan Kayan I, Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Selor-Bulungan, Senin (4/12/2017). TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Halaman selanjutnya 12
Editor: Dewi Agustina Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Jangan Ngeres Dulu! Kenyataannya 10 Foto Ini tak Seporno yang Kamu Bayangkan, Amati Baik baik! Sumber: Google News | Warta 24 Bulungan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »