WARTA 24 PAPUA

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

10 Ribu Hektare Lahan di Kawasan Timur Cirebon Bakal Jadi ...

Posted by On 13.24

10 Ribu Hektare Lahan di Kawasan Timur Cirebon Bakal Jadi ...

Bupati Cirebon Sunjaya Purawdisastra. (dok radarcirebon.com

CIREBON â€" Pemerintah Kabupaten Cirebon mencanangkan wilayah bagian Timur menjadi kawasan industri. Bupati Cirebon Dr H Sunjaya Purwadisastra MM MSi menyampaikan, pihaknya telah menyediakan lahan 10.000 hektare di kawasan Timur Kabupaten Cirebon.

“Awalnya kita sediakan 2.000 hektare tapi, karena dirasa sangat perlu untuk kawasan industri akhirnya ditambah menjadi 10 ribu hektare. Kasawan industri ini berada dijalur Pantura kawasan Pangenan, Gebang dan sekitarnya,” ungkap Sunjaya pada Radar, kemarin.

Saat ini, ujar Sunjaya, Kabupaten Cirebon sudah diisi beberapa industri seperti benang, garmen, kayu, rotan, meubel, furniture, kerajinan dan l ain-lain. Apalagi, Kabupaten Cirebon saat ini sudah menjadi jantung dan etalase dari pembangunan Tol Cipali dan Bandara Kerjatati Majalenga.

“Ini juga karena sudah semakin mudahnya akses di Kabupaten Cirebon. Penyerapan tenaga kerja juga sudah cukup banyak, Pemerintah juga terus berupaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), selain pendidikan juga harus dipersiapkan keahlian sehingga mampu terserap dalam kebutuhan kerja,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya, mengklaim telah melakukan kerja sama dengan berbagai investor yang berasal dari DKI Jakarta. “Sudah ada obrolan dan kerja sama dengan sejumlah investor, di antaranya investor asal Pulogadung. Namun kita juga tunggu kesiapan para investor,” ucapnya.

Pihaknya yang sudah berkomitmen dengan beberapa perusaan dan investor juga meminta agar para perusahaan memprioritaskan lapangan kerja bagi warga pribumi asli Kabupaten Cirebon. “Saya berkali-kali meminta agar para pengusaha dan investor lebih mempekerj akan dan merekrut karyawan dari Kabupaten Cirebon,” kata Sunjaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon Drs H Abdullah Subandi MSi menjelaskan telah berupaya meminimalkan jumlah pengangguran dengan menyelenggarakan berbagai program. “Ada banyak program seperti halnya penyelenggaraan pelatihan dan keterampilan bagi calon pencari kerja di UPT BLK Plumbon dan lain-lain,” ujar Abdullah.

Selain itu, pihaknya juga terus memfokuskan website lokal Disnakertrans Kabupaten Cirebon yang diisi dengan berbagai informasi lowongan pekerjaan di perusahaan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Program tersebut akan sangat membantu para pencari kerja. “Yang jelas akan sangat membantu karena banyak pengangguran yang minim informasi mengenai lapangan pekerjaan, kita juga rutin adakan expo job fair,” tukasnya. (via)

Sumber: Google News | Warta 24 Cirebon

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »