PTPP Garap Jembatan Holtekamp Jayapura Papua - Warta 24 Papua
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

PTPP Garap Jembatan Holtekamp Jayapura Papua

PTPP Garap Jembatan Holtekamp Jayapura Papua

PTPP Garap Jembatan Holtekamp Jayapura Papua Oleh : Wiyanto | Kamis, 22 Februari 2018 - 08:26 WIBJembatan Holtekamp Jayapura Papua (Foto Dok Industry.co.id) INDUSTRY.co.id - Jayapura PT…

PTPP Garap Jembatan Holtekamp Jayapura Papua

PTPP Garap Jembatan Holtekamp Jayapura Papua

Oleh : Wiyanto | Kamis, 22 Februari 2018 - 08:26 WIB

Jembatan Holtekamp Jayapura Papua (Foto Dok Industry.co.id)
Jembatan Holtekamp Jayapura Papua (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jayapura PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi saat ini tengah mengerjakan proyek pembangunan Jembatan Holtekamp, Jayapura.

Jembatan Holtekamp menghubungkan daratan Holtekamp dengan daratan Hamadi, dengan panjang bentang utama jembatan mencapai 433 meter, sementara jembatan bentang pendekat mencapai 900 meter.

Sumber dana megaproyek pembangunan Jembatan Holtekamp berasal dari APBN dan APBD dengan nilai kontrak mencapai Rp1.27 triliun, dengan Konsorsium PP-HK-NK sebagai Kontraktor Utama.

Presiden t Director PTPP Tumiyana menyatakan bahwa proyek Jembatan Holtekamp merupakan contoh sinergi BUMN, dengan Konsorsium PT PP (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero) sebagai Kontraktor Utama, pekerjaan pengelasan baja bentang utama secara segmental oleh PT Boma Bisma Indra (Persero).

"Sedangkan final assembly dan loadout dilakukan di workshop PT PAL Indonesia (Persero).
Proses pengangkatan dan pemasangan center span pada pembangunan Jembatan Holtekamp Jayapura sempat terhenti terkait adanya moratorium atau penghentian sementara pekerjaan konstruksi layang (elevated)," katanya di Jayapura, Rabu (21/2/2018).

Dengan adanya instruksi tersebut, kata dia, beberapa proyek harus dihentikan sementara termasuk Jembatan Holtekamp, dimana proyek Jembatan Holtekamp direncanakan melakukan pengangkatan dan pemasangan center span seberat 2000 ton dengan dimensi tinggi 20 meter, lebar 26 meter, dan panjang 112,5 meter pada hari Rabu (21/02).

Menurutnya, di saat kondisi cuaca dan ombak diperkirakan baik. Satu hari sejak instruksi tersebut dilayangkan, pekerjaan pemasangan rangka jembatan tersebut dilanjutkan hari ini, Rabu (21/02).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, pemasangan rangka jembatan dilanjutkan karena sudah dievaluasi dan diuji oleh Komisi Keselamatan Konstruksi dan Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan. Hasil evaluasi tersebut menyatakan pemasangan rangka baja jembatan layak untuk terus dilanjutkan.

Arie Setiadi Moerwanto, yang juga menjabat sebagai salah satu Komisaris PT PP (Persero) Tbk menambahkan, jembatan ini menjadi proyek infrastruktur dengan pekerjaan layang pertama yang boleh kembali dilanjutkan setelah adanya instruksi penghentian sementara.

Tepat pada pukul 11.00 WIT setelah mendapat persetujuan, proses pengangkatan dan pemasangan center span dimulai. Proses pengangkatan diperkirakan memakan waktu 6 jam, namun p ada pukul 15.30 WIT center span telah berada pada posisinya dan dilakukan adjustment dimensi.

Atas prestasi ini, Konsorsium PP-HK-NK dan Dirjen Bina Marga memecahkan 2 (dua) rekor dunia dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yaitu :Pengangkatan dan Pemasangan Rangka Baja Jembatan dalam Bentuk Utuh Terpanjang Pengiriman Rangka Baja Pelengkung Bagian Tengah secara Utuh dengan Jarak Terjauh 3.200 Kilometer Acara penyerahan 2 (dua) Piagam Penghargaan MURI diterima langsung oleh Director of Infrastructure Construction PTPP M. Toha Fauzi di Jayapura, Rabu (21/02).

Jembatan Holtekamp dikerjakan dengan metode yang pertama kali dilakukan di Indonesia, yaitu metode strand lifting (full span). Metode ini mempertimbangkan faktor risiko kegempaan di lokasi proyek yang tergolong tinggi, sehingga akan sangat riskan bila proses pelaksanaan dikerjakan sepenuhnya di site.

Konsep utama metode ini adalah mengerjakan proses pemasangan secepat mungkin untuk mengurangi risiko gempa yang terjadi. Mengingat faktor risiko tersebut, pekerjaan pengelasan baja bentang utama secara segmental dilakukan di Pasuruan oleh PT Bromo Steel Indonesia, anak usaha dari PT Boma Bisma Indra (Persero).

Sedangkan final assembly atau perangkaian seluruh segmen menjadi rangka jembatan utuh dan loadout dilakukan di workshop PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, yang memiliki fasilitas memadai dan dilengkapi pelabuhan. Dalam acara seremonial pengiriman bentang tengah Holtekamp di Surabaya, Desember lalu

Baca Juga

Apindo Dorong Pemerintah Investigasi Robohnya Proyek Tol Becakayu
Pelindo III Raih Kontrak Rp 1,2 Triliun Garap Infrastruktur Maritim
Sering Kecelakaan, Pemerintah Hentikan Seluruh Proyek Tol Layang
Kadin Minta Pemerintah Stop Penugasan ke BUMN Karya, Sudah Overload
Menteri PUPR Hentikan Sementara Pengerjaan Proyek Infrastruktur di…

Industri Hari Ini

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 22 Februari 2018 - 16:43 WIB

Harga CPO Malaysia Hari ini Ditopang Penurunan Produksi dan Depresiasi Ringgit

Southern Palm Oil Millers Association (SPPOMA) menginformasikan, produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia turun 22,6% sepanjang 1-20 Februari 2018. Hal itu menjadi sentimen…

Bank Central Asia (Foto Ist)

Kamis, 22 Februari 2018 - 16:37 WIB

BCA Gelar Pengobatan Gratis di Klinik Bakti Medika

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan sosial. Melalui program Bakti BCA, BCA menggelar pengobatan gratis di klinik binaan Bakti BCA, yakni Klinik Bakti…

PT Airmas Perkasa, persuahaan teknologi informasi meramaikan industri e-commerce nasional dengan meluncurkan dua startup baru yaitu, Ayoo.blanja.com dan Ayooklik.com.

Kamis, 22 Februari 2018 - 16:32 WIB

New Ayooklik.com-Ayooblanja.com Ramaikan Industri Barang dan Jasa

Airmas Group menggelar soft launching New Ayooklik.com serta Ayooblanja.com. Acara ini dilaksanakan di Thamrin Nine Ballroom Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin, 19 Februari 2018, yang…

Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso dan Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari (Foto Jawapos))

Kamis, 22 Februari 2018 - 16:13 WIB

Sejumlah Syarat Harus Dimiliki Pengganti Kepala BNN Budi Waseso

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso yang akrab dipanggil Buwas mengharapkan penggantinya adalah orang yang memiliki integritas baik dalam menjalankan tugas.

Gebray Pesona Budaya Garut 2018 (Foto: Kemenpar)

Kamis, 22 Februari 2018 - 16:10 WIB

Naik Delman, Menpar Meriahkan Gebyar Pesona Budaya Garut 2018

Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 yang diselenggerakan di SMAN 1 Garut, Jawa Barat, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya diarak dengan menggunakan Delman menuju acara puncak di Lapangan GOR…

selengkapnya

Industri Populer

1
Beli 11 Pesawat Sukhoi Rusia, Indonesia Barter dengan Komoditas Ini !
2
Menteri PUPR Hentikan Sementara Pengerjaan Proyek Infrastruktur di Seluruh Indonesia
3
Enam Bulan Jadi DPO, Mantan VP PT Pertamina Menyerahkan Diri
4
Menko Luhut Sebut AirAsia akan Jadikan Bandara Silangit Hub
5
Pemerintah Perlu Menyerap Semua Gabah -Beras Petani
6
Di hadapan Alumni Kolese Kanisius, Menperin Airlangga Jabarkan Penyerapan Tenaga Kerja Melalui Ekonomi Digital
7
Kemal Palevi Sukses Bikin Iri Fans Nam Joo Hyuk
8
Satu-satunya di Indonesia, Pengusaha Asal Kalimantan ini Miliki Ninja H2 Carbon Seharga Rp835 Juta
9
INDEF: Penciptaan Lapangan Kerja Era Jokowi-JK Lebih Rendah Dari SBY-Boediyono
10
Di Depan Ulama Se-Jawa Barat, Kang Hasan Tegaskan Program 1 Triliun untuk Pesantren

Magazine

Industri Unggulan 2018

Majalah Industry

Januari 2018
Subscribe Scoop Logo

LOWONGAN KERJA

OPINI

Ilham Bintang (dok INDUSTRY.co.id)
UU MD3: 'Wal Laba Wal Bala'
Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)
Yang Penting Persija Menang, Saya Bangga!
Jaya Suprana (Foto Dok Industry.co.id)
Menghormati Jasa Gus Dur
Jaya Suprana (Foto Dok Industry.co.id)
Peradaban Kerukunan Umat Beragama
Jaya Suprana (Foto D   ok Industry.co.id)
Hikayat Kartu Kuning
Sumber: Google News | Warta 24 Jayapura

Tidak ada komentar