16 Ribu Lebih Masyarakat Jayapura Akan Terima Bansos Rastra - Warta 24 Papua
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

16 Ribu Lebih Masyarakat Jayapura Akan Terima Bansos Rastra

16 Ribu Lebih Masyarakat Jayapura Akan Terima Bansos Rastra

Pemerintah menargetkan akan menyelesaikan penyaluran bantuan sosial (bansos) nontunai kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat. (Foto: Antara/Yusran Uccang).INFONAWACITA.…

16 Ribu Lebih Masyarakat Jayapura Akan Terima Bansos Rastra

Pemerintah menargetkan akan menyelesaikan penyaluran bantuan sosial (bansos) nontunai kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat. (Foto: Antara/Yusran Uccang).

INFONAWACITA.COM â€" Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi menyebut 16.784 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Jayapura akan segera menerima program bantuan sosial dari Kementerian Sosial berupa Beras sejahtera (Rastra) yang sebelumnya pernah dibagikan tahun 2017 lalu. Semua data kini telah diverifikasi dan validasi.

“Data penerima dari Kemensos tersebut sudah dilakukan verifikasi dan validasi, meski mendapat sorotan aparat kampung sebab banyak yang tak sesuai dengan realitas di lapangan,” kata Irawadi seperti dikutip dari Tabloidjubi.com pada Senin (1/1/2018).

Dinas Sosial Kota Jayapura pun berjanji akan segera membenahi dan mengevaluasi data keluarga penerima rasta yang tercatat pada bulan Mei dan November lalu.

Selain itu kata Irawadi sesuai dengan kebijakan Kemensos per 1 Januari nanti penerima subsidi untuk beras sejahtera (rastra) menjadi bantuan sosial (bansos) rastra.

Nantinya, tak hanya memberikan bantuan berupa beras sebanyak 10 kilogram senilai Rp 110 ribu per KPM setiap bulan. Namun pemberian bantuan pelan-pelan berubah, mulai dari subsidi beras menjadi Bansos beras yang pada akhirnya menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Untuk tahap 3 dan 4, kata Irawadi, Penerima KPM di Jayapura akan menerapkan BPNT sehingga mereka akan langsung menukarkannya di warung terdekat.

E Warung Jayapura Sudah Siap

Ketua Unit pelaksana Program Keluarga Harapan, Kota Jayapura, Haedar Muharar mengatakan infrastuktur seperti e-warung sudah diresmikan. “Kurang lebih 25 e-warung di seluruh distrik di Kota Jayapura untuk disiapkan guna melayani masyarakat KPM yang ada,” kata Haedar.

“Bantuan akan dilakukan melalui rekening, tapi tidak bisa diuangkan tetap langsung dalam bentuk barang yang ada di e-warung,” katanya.

Bantuan mengacu keputusan menteri sosial nomor 140/ HUK/ 2017, tentang penetapan jumlah keluarga penerima manfaat dan tahapan penetapan bantuan sosial beras sejahtera dan bantuan pangan non tunai tahun 2018.

Keluarga menerima manfaat di provinsi Papua kurang lebih 442.931 dari 15,6 juta orang secara nasional. (*/DS/yi)

Sumber: Google News | Warta 24 Jayapura

Tidak ada komentar