Ulah Oknum Anggota Polres Mimika Dikecam Sejumlah Organisasi ... - Warta 24 Papua
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Ulah Oknum Anggota Polres Mimika Dikecam Sejumlah Organisasi ...

Ulah Oknum Anggota Polres Mimika Dikecam Sejumlah Organisasi ...

JAYAPURA-Ulah oknum anggota Polres Mimika sebagaimana yang diberitakan sebelumnya mendapat perhatian khusus dari sejumlah organisasi Pers di Papua.Salah satunya, Ind…

Ulah Oknum Anggota Polres Mimika Dikecam Sejumlah Organisasi ...

JAYAPURA-Ulah oknum anggota Polres Mimika sebagaimana yang diberitakan sebelumnya mendapat perhatian khusus dari sejumlah organisasi Pers di Papua.

Salah satunya, Indonesia Journalist Network (IJN) Papua dan Papua Barat meminta oknum anggota Polisi yang berulah pagi ini harus segera diproses sesuai kode etik Kepolisian yang berlaku.

Pihaknya memandang hal itu perlu dilakukan supaya ada efek jera.

“Kalaupun kami juga ada salah, yah silahkan memproses kami sesuai dengan kode etik bila itu memang prosedurnya jelas dan soal karya jurnalistik yang salah, bila pun tidak kami meminta dengan baik untuk tidak terjadi,” ujar Ketua IJN Papua dan Papua Barat Roberth Vanwi Subiyat, Rabu (6/12).

Vanwi juga meminta kepada pihak-pihak terkait baik Kepolisian tertinggi di Repu blik Indonesia agar segera menyelesaikan kasus ini, agar kemitraan yang didengung-dengungkan itu terjalin dengan baik.

Sementara, Koordinator Advokasi Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jayapura Fabio Costa mengungkaplan, pihaknya telah mengkonfirmasi ke Kapolda Papua terkait persoalan tersebut.

Dikatakan, Kapolda menjamin semua keamanan wartawan, ia juga memastikandi Timika tak akan ada aksi yang sama terulang.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Kapolda atas jaminannya, dan kami harap oknum yang sempat mengintimidasi teman-teman wartawan bisa diberikan sanksi baik kode etik atau sanksi apapun. Bagi kami adalah keselamatan para wartawan agar bisa bekerja dengan aman, tidak diganggu dan tidak merasa terintimidasi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Alberth Melmambessy selaku Kabid Advokasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua juga mengutarakan hal yang sama.

Pihaknya juga berharap supaya hubungan yang telah terjalin antara wartawan dan Ke polisian di Papua dapat terus terjalin dengan baik.

Akhirnya Oknum Anggota Polres Mimika Ditahan

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda, Kombes Pol AM.Kamal menuturkan oknum anggota Polres Mimika tersebut, telah ditahan dan dilakukan pemeriksaan oleh Sat Propam Polres Mimika.

Polda Papua juga memastikan yang bersangkutan bukan salah satu anggota yang melakukan penganiayaan wartawan beberapa waktu lalu.

“Masih dalam pemeriksaan, belum diketahui motifnya apa, namun akan diproses, kami juga dalami dulu, yang bersangkutan akan diproses di Jayapura,” ungkap Kamal.

Sumber: Google News | Warta 24 Mimika

Tidak ada komentar