Sikka Raih Penghargaan "Kabupaten Peduli HAM" - Warta 24 Papua
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Sikka Raih Penghargaan "Kabupaten Peduli HAM"

Sikka Raih Penghargaan "Kabupaten Peduli HAM"

Sikka Raih Penghargaan "Kabupaten Peduli HAM" Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera menerima ucapan selama dari Menkumham Yasonna Laoly. (I…

Sikka Raih Penghargaan "Kabupaten Peduli HAM"

Sikka Raih Penghargaan "Kabupaten Peduli HAM"

Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera menerima ucapan selama dari Menkumham Yasonna Laoly. (Istimewa)

Oleh: Anselmus Bata / AB | Minggu, 10 Desember 2017 | 16:26 WIB

Jakarta - Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih penghargaan "Kabupaten Peduli HAM" dalam acara puncak peringatan Hari HAM Internasional yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12). Kabupaten Sikka telah tiga kali berturut-turut menerima penghargaan serupa dari Kementerian Hukum dan HAM, yakni pada 2017, 2016, dan 2015.

Penghargaan diberikan Menkumham Yasonna Laoly kepada Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera. "Proficiat Pak Bupati atas raihan tiga tahun berturut-turut ini. Tid ak gampang meraihnya, tetapi lebih sulit mempertahankannya. Namun, Pak Bupati sudah memperolehnya sebanyak tiga kali berturut-turut. Proficiat. Pertahankan terus," kata Yasonna dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (10/12).

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi NTT, serta masyarakat Kabupaten Sikka.

“Ini penghargaan untuk segenap warga Kabupaten Sikka semuanya. Kepada masyarakatlah kami mengabdi dan melayani. Harus kami, saya dan Pak Wabup Paulus Nong Susar, mengakui bahwa apa yang kami kerjakan selama empat tahun lebih ini masih banyak yang kurang. Namun, dari apa-apa yang sudah dibuat, pemerintah pusat mengapresiasinya sebagai karya yang sudah mampu melayani dan memenuhi hak-hak dasar masyarakat, seperti hak ekonomi, hak atas pendidikan, hak atas kesehatan," katanya.

Yoseph Ansar Rera juga mengapresiasi pemangku kepentingan di Kabupaten Sikka yang telah berjuang keras selama ini dengan memberikan saran dan kritik konstruktif demi kemajuan daerah.

“Terima kasih kepada semua stakeholder di Kabupaten Sikka, yang selama masa abdi kami ini terus-menerus membangun kerja sama dengan pemerintah daerah dan DPRD Sikka, yakni LSM-LSM, aktivis-aktivis HAM dan komunitas-komunitas peduli HAM. Terima kasih atas kerja sama, atas kritik dan saran, baik yang telah kami laksanakan maupun yang belum sempat kami laksanakan. Mari terus membangun 'Nian Tana Sikka' sesuai panggilan dan bidang karya kita masing-masing,” ujarnya.

Penghargaan saat peringatan Hari HAM Sedunia diberikan kepada 212 dari 515 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Dari Provinsi NTT terdapat empat kabupaten yang menerima penghargaan, yakni Kabupaten Sikka, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Alor, dan Kota Kupang. Dari keempat wilayah tersebut, hanya Sikka yang menerima penghargaan tiga kali berturut-turut.

Kepala Bag ian Hukum Setda Sikka, Immanuel Mabikafola menyebutkan pemberian penghargaan itu didasarkan pada pemenuhan indikator pelaksanaan HAM yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi HAM 2015-2019 dan penilaian Kabupaten Peduli HAM berdasarkan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016.

Dari 81 indikator dan tujuh butir HAM, Kabupaten Sikka sudah memenuhi 71 indikator pada tujuh butir HAM. Indikator HAM yang terpenuhi, antara lain rasio tenaga dokter, dokter spesialis, dan puskesmas pembantu per penduduk, tersedianya puskesmas terakreditasi nasional dan pusat kegiatan belajar masyarakat di tingkat kecamatan, rasio ketersediaan guru SD dan SMP terhadap murid, serta persentase pemberian kartu identitas anak (KIA) usia 0-17 tahun, ketersediaan aksebilitas bagi penyandang disabilitas di bangunan pemerintah, tenaga kerja yang berasal dari penyandang disabilitas pada instansi pemerintah, dan ketersediaan ruang terbuka hijau sebesar 30 persen dari luas wilayah ko ta.



Sumber: BeritaSatu.com ARTIKEL TERKAIT
  • Presiden Akui Masih Banyak PR Penegakan HAM
  • Teluk Maumere, Tempat Menyelam Terpopuler
  • 1 Hari A ntikorupsi 2 Kontroversi Yerusalem 3 Tarif Tol Naik 4 Krisis di Yaman 5 Panglima TNI
    • Jenderal Budi Gunawan Resmi Pensiun dari Kepolisian
    • Tahukah Anda 10 Rahasia Kesehatan Sayur Kubis?
    • Derby Manchester: Bertengkar dengan Ederson, Mourinho Disiram Susu
    • Fraksi PKS: Usulan Penggantian Fahri Sesuai Perintah Pimpinan Partai
    • Hujan Deras, Jakarta Banjir
    • Ini Kandidat Kuat Kasau Selanjutnya
    • Menkes: Biaya Pengobatan Pasien Difteri Ditanggung Negara
    • Jokowi Heran Masih Banyak Pejabat yang Ditangkap karena Korupsi
    • Tahanan WN Amerika Kabur dari Lapas Kerobokan
    • Bungkam "Setan Merah", City Kian Kokoh di Puncak Klasemen
Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Puncak

Tidak ada komentar