Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih Jokowi - Warta 24 Papua
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih Jokowi

Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih Jokowi

Selasa 12 Desember 2017, 04:45 WIB Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih Jokowi Elza Astari Retaduari - detikNews Bupati Puncak Papua Wille…

Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih Jokowi

Selasa 12 Desember 2017, 04:45 WIB Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih Jokowi Elza Astari Retaduari - detikNews Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih JokowiBupati Puncak Papua Willem Wandik (dua dari kiri). Foto: Elza Astari/detikcom Jakarta - Bupati Puncak Papua Willem Wandik mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo. Dengan pembangunan besar-besaran di era pemerintahan Jokowi, kini warga pegunungan Papua mulai keluar dari keterisolasian.
"Saya atas nama masyarakat kabupaten Puncak mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi yang selalu memperhatikan Papua khususnya un tuk infrastruktur dan transportasi," ujar Wandik kepada wartawan, Senin (11/12/2017).
Saat ini, pemerintah tengah mengejar untuk menyelesaikan pembangunan jalan di wilayah pegunungan Tengah Papua. Wandik berharap agar infrastruktur pembangunan di wilayah pegunungan Papua bisa segera dirampungkan.
"Saya berharap Kementerian PUPR dan Kemenhub sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat serius dan mempercepat pembangunan di pegunungan tengah," ucapnya.
Wandik mengatakan, Kabupaten Puncak merupakan kabupaten baru yang paling terisolasi dan hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara. Selama ini, barang-barang kebutuhan pokok di wilayah tersebut harganya 'selangit'.
Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih JokowiFoto: Willem Wandik dapat Penghargaan Bupati Terbaik. (Dok Pribadi).

Sebelumnya, harga satu sak semen di Puncak bisa mencapai Rp 2 juta, bahkan bensin per liter nya dibanderol hingga Rp 60 ribu. Hal tersebut terjadi karena biaya angkut logistik dan keperluan lainnya yang mahal sebab harus menggunakan pesawat perintis untuk sampai di Kabupaten Puncak.
Namun dengan adanya jalur Trans Papua, kini harga-harga kebutuhan pokok di Papua sudah tidak lagi berbeda jauh dengan wilayah lain. Harga BBM pun sudah satu harga sama seperti di Jawa. Harga semen sudah turun setidaknya sebanyak 50 persen.
Peran serta Wandik membangun wilayahnya pun juga mendapat apresiasi. Putera daerah yang menjadi bupati di kampung halamannya itu kembali memperoleh penghargaan sebagai Bupati Terbaik Indonesia 2017 dari Seven Media.
Perolehan award Seven Media National Awards for Local Government 2017 tersebut merupakan perolehan penghargaan kelima untuk Wandik sebagai Bupati Terbaik. Dia pun memastikan ingin terus membangun daerah P uncak, Papua, agar benar-benar bisa keluar dari keterisolasian.
"Ini akan menjadi motivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi setiap tahunnya. Bukan karena kemampuan kami tapi karena kebersamaan kita. Semua harus bekerja keras dengan segala kekurangan dan keterbatasan, kita akan pertahankan agar Puncak lebih baik lagi," tutur Wandik.
Puncak Papua Tak Lagi Terisolir, Bupati: Terima Kasih JokowiFoto: Willem Wandik dapat Penghargaan Bupati Terbaik. (Dok Pribadi).

"Terobosan-terobosan akan kami lakukan agar daerah pegunungan terisolasi ini bisa nyambung sampai ke pantai. Wisata Pegunungan Carstens akan kita angkat melalui Kabupaten Puncak karena wisatawan banyak datang," sambungnya.
Selain Wandik, kepala daerah yang mendapat penghargaan dari Seven Media adalah Bupati Pu rwakarta Dedi Mulyadi, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Bupati Luwu Indah Putri Indriani, dan Bupati Badung Giri Prasta.
Sebelumnya Presiden Jokowi kembali menegaskan alasannya gecar membangun infrastruktur. Dia menyatakan pembangunan infrastruktur sebagai upaya memperbaiki jalur logistik hingga mempersatukan Indonesia.
"Kita ingin memperbaiki jalur logistik, kita ingin memperkuat perdagangan dalam negeri, kita ingin terus mempersatukan Indonesia, karena infrastruktur juga bisa mempersatukan Indonesia. Kita ingin membangun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tegas Jokowi, Sabtu (9/12).
(elz/asp)Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Puncak

Tidak ada komentar